Logo ABC

Uni Emirat Arab Dikritik Beri Penghargaan Kesetaraan Gender untuk Pria

Setelah dikritik, Kantor Departemen Media Dubai memasang gambar lima perempuan yang berdiri di samping para pemenang yang semuanya pria.
Setelah dikritik, Kantor Departemen Media Dubai memasang gambar lima perempuan yang berdiri di samping para pemenang yang semuanya pria.
Sumber :
  • abc

Selama ini dalam soal kesetaraan gender, biasanya yang mendapatkan penghargaan adalah mereka yang berjenis kelamin perempuan, karena ada usaha pencapaian keseteraan gender antara laki-laki dan perempuan.

Kesetaraan gender di UEA

  • Banyak netizen di media sosial mempertanyakan mengapa tidak ada perempuan yang mendapatkan penghargaan
  • Kantor Media Dubai mengatakan UAE telah mengurangi kesenjangan gender di seluruh sektor pemerintahan
  • Negara ini menduduki peringkat 121 dari 149 negara dalam laporan kesetaraan gender tahun 2018

Namun pemerintah Uni Emirat Arab mendapat perhatian dan kritikan ketika mengumumkan bahwa penerima penghargaan kesetaraan gender di tahun 2019 semuanya adalah pria.

Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, penguasa Dubai, yang juga adalah Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab di Twitter hari Senin (28/1/2019) malam ketika mengumumkan pemenang penghargaan mengatakan negeri itu mencapai "kemajuan besar" dalam mempromosikan kesetaraan gender.

Namun yang anehnya semua penerimanya adalah laki-laki.

Penghargaan antara lain Tokoh Terbaik Pendukung Kesetaraan Gender, Tokoh Federal Terbaik Pendukung Keseteraan Gender, dan Inisiatif Kesetaraan Gender Terbaik semuanya dimenangkan oleh pria yang bekerja di Departemen Keuangan, Otoritas Statistisk dan Persaingan Federal, dan Kementerian Sumber Daya Manusia.

"Ada sesuatu yang aneh dari para pemenang Penghargaan Kesetaraan Gender UAE ini." tulis Stephen Lautens di Twitter.