Logo ABC

Pembatasan Imigran Justru Hambat Pertumbuhan Lapangan Kerja Australia

Perdana Menteri Australia Scott Morrison
Perdana Menteri Australia Scott Morrison
Sumber :
  • abc

Pakar ekonomi telah memeringatkan bahwa Pemerintah Australia menghadapi tantangan dalam memenuhi target pekerjaan baru jika membatasi imigrasi, dan bahkan jika mereka memenuhi janji sekalipun, bisa jadi bukan warga Australia yang akan diuntungkan.

Pada hari Selasa (29/1/2019), Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyampaikan janji pra-Pemilu di Brisbane untuk menciptakan 1,25 juta pekerjaan selama lima tahun ke depan.

Langkah ini mengikuti janji serupa oleh Tony Abbott sebelum Pemilu 2013 untuk menciptakan 1 juta pekerjaan pada 2018.

Peter McDonald, Profesor Demografi Emeritus di Sekolah Kebijakan Publik Crawford, ANU, mengatakan itu adalah target yang "bisa dicapai" dan bahwa proyeksi permintaan pasar tenaga kerja, baru-baru ini, oleh Victoria University telah mengalokasikan tingkat permintaan yang sama.

Namun ia juga mencatat imigrasi adalah kontributor terbesar untuk pertumbuhan jumlah pekerjaan di Australia sejak tahun 2013, lebih besar dari tren warga senior Australia yang tetap bekerja.

Program imigrasi permanen berkurang dari sekitar 190.000 menjadi hanya di atas 160.000 dalam dua tahun terakhir.

Tahun lalu, Morrison mengungkapkan bahwa kemungkinan penerimaan imigran harus tetap pada level baru yang lebih rendah seperti saat ini.