Menlu Retno Ajak Mahasiswa Sumatera Barat Gabung Kemlu

Menlu Retno Marsudi di Diplo Fest Bandung
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi mengakui orang Minangkabau melahirkan sejumlah diplomat ulung. Sejumlah tokoh Minang disebutnya mulai Agus Salim, Bung Hatta, M. Natsir hingga Buya Hamka.

Usai Diduga Sindir Kelakuan Nagita Slavina, Sarah Sechan Kembali Buka Suara

Menurut Retno, mereka adalah tokoh sangat luar biasa bisa memberikan kontribusi bagi negara ini. Mereka adalah diplomat handal yag diakui  dunia internasional.

“Sumatera Barat banyak melahirkan diplomat hebat,” ujar Retno  di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, Sabtu 2 Februari 2019.

Diplomat Israel di Beijing Diserang Orang Tidak Dikenal

Retno menekankan, sudah seharusnya masyarakat Sumatera Barat bangga akan itu. Namun, akan lebih baik lagi, jika rekam jejak para tokoh hebat itu dilanjutkan oleh generasi muda yang ada saat ini. Ia pun mengajak para mahasiswa berani bercita-cita menjadi diplomat.

"Maka dari itu, saya ajak seluruh mahasiswa untuk bergabung bersama Kemlu," tutur Retno.

Balas Dendam, Gantian AS Usir 2 Diplomat Rusia di Washington

Selain diplomat dari Minang, Retno juga bicara tentang kiprahnya sebagai Menlu. Bagi dia, jabatan ini harus membuatnya melek informasi dari belahan dunia. Maka itu, ia tak bisa dipisahkan dari gadget.

“Jadi, hidup saya ini, 24 jam tidak bisa lepas dari gadget. Melalui gadget, saya bisa mengetahui, krisis yang terjadi di dunia.” (mus) 

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Mahfud MD Ingin Rekrutmen Diplomat Ditinjau Ulang, Singgung Titipan Parpol

Debat kedua di JCC, Senayan Jakarta, adalah mengkhususkan cawapres. Dimana, para cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD, saling berdebat.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023