Logo BBC

Uni Emirat Arab Disebut Pasok Senjata AS ke Milisi Yaman

Tentara pro-pemerintah Yaman melakukan penjagaan di pelabuhan Mukalla, di wilayah barat Yaman, 29 November 2018. - SALEH AL-OBEIDI/AFP
Tentara pro-pemerintah Yaman melakukan penjagaan di pelabuhan Mukalla, di wilayah barat Yaman, 29 November 2018. - SALEH AL-OBEIDI/AFP
Sumber :
  • bbc

Uni Emirat Arab secara sembrono memasok kelompok milisi di Yaman dengan persenjataan canggih dari Amerika Serikat dan negara-negara lain, demikian temuan lembaga Amnesty International.

Disebutkan laporan itu, kendaraan lapis baja, mortir, dan senapan mesin dialihkan secara ilegal kepada kelompok-kelompok liar yang dituduh melakukan kejahatan perang di Yaman.

Uni Emirat Arab (UEA) merupakan bagian dari koalisi pimpinan Arab Saudi yang mendukung pemerintah Yaman dalam memerangi kelompok pemberontak Hutsi.

Sejauh ini UEA belum mengomentari laporan Amnesty International, tetapi mereka menyangkal telah melanggar aturan ekspor senjata dari AS.

Salah-seorang jenderal di Departemen Pertahanan AS mengatakan, Selasa (05/02), pihaknya akan menyelidiki apakah persenjataan itu dikirim ke pihak penerima yang tidak dikehendaki pasukan koalisi.

Yaman mengalami kehancuran akibat konflik yang terus memanas sejak 2015, ketika kelompok Hutsi menguasai sebagian besar wilayah barat negara itu dan memaksa Presiden Abdrabbuh Mansour Hadi kabur ke luar negeri.

Khawatir terhadap kemunculan kelompok-kelompok bersenjata yang mereka anggap sebagai perpanjangan kepentingan Iran, Arab Saudi, UEA dan tujuh negara Arab lainnya melakukan campur tangan dalam upaya untuk mengembalikan pemerintahan yang sah.