Logo BBC

Prancis Tarik Dubesnya dari Italia, Perseteruan Dua Negara Memanas

Hubungan diplomatik kedua negara memanas karena dukungan pejabat Italia terhadap kelompok anti-pemerintah Prancis. - Getty Images
Hubungan diplomatik kedua negara memanas karena dukungan pejabat Italia terhadap kelompok anti-pemerintah Prancis. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Perseteruan diplomatik antara Prancis dan Italia semakin dalam. Prancis mengeluhkan klaim aneh dan serangan tak berdasar yang dinyatakan pejabat tinggi Italia.

Prancis memanggil pulang duta besar mereka untuk Italia, Kamis (07/02). Mereka menyebut situasi diplomatik seperti ini tak pernah terjadi sejak akhir Perang Dunia II.

Perseteruan ini muncul setelah Wakil Perdana Menteri Italia, Luigi Di Maio, bertemu dengan para demonstran `jaket kuning` di dekat Paris, Selasa (02/02) lalu.

Prancis memperingatkan Di Maio untuk tidak ikut campur masalah dalam negeri mereka.

Hubungan antara dua negara pendiri Uni Eropa itu memanas sejak Gerakan Bintang Lima yang populis serta sayap kanan, Partai Liga, membentuk pemerintahan koalisi Italia, Juni 2018.

Sejak saat itu, Prancis dan Italia berseteru dalam sejumlah isu, termasuk imigrasi.

Apa yang dilakukan Di Maio?

Perseteruan terbaru bermula setelah Di Maio, pemimpin Gerakan Bintang Lima, bertemu penggerak kelompok anti-pemerintah, kelompok jaket kuning alias gilets jaunes , Kamis kemarin.

Di Maio mengunggah foto ke Twitter, yang memperlihatkan dirinya berpose bersama pemimpin kelompok jaket kuning, Christophe Chalencon, dan sejumlah anggota gerakan oposisi itu yang akan mengikuti pemilihan parlemen Uni Eropa, Mei mendatang.