Logo ABC

Modus-modus Penyelundupan Narkoba di Penjara Australia

Pria asal Nigeri Patrick Nweke jadi tersangka penyelundup narkoba. Dia diketahui mengendalikan sindikatnya dari dalam penjara di Australia.
Pria asal Nigeri Patrick Nweke jadi tersangka penyelundup narkoba. Dia diketahui mengendalikan sindikatnya dari dalam penjara di Australia.
Sumber :
  • abc

Rekaman percakapan telepon dalam penjara imigrasi Villawood di Kota Sydney mengungkap cara kerja sindikat penipuan dan narkoba. Mereka memanfaatkan korban penipuan berantai untuk menyelundupkan narkoba ke Australia.

Percakapan tersebut disadap oleh pihak berwajib dan didapat oleh Program Four Corners yang menayangkannya di ABC TV, Senin (11/2/2019).

Tersangka penyelundup narkoba Dirichukwu Patrick Nweke dalam rekaman itu mengarahkan operasi penyelundupan dengan memanfaatkan pensiunan asal AS narkoba.

Nweke menggunakan telepon yang diselundupkan ke penjara untuk berkoordinasi dengan para operator di Eropa, Amerika Selatan, Afrika, Asia dan Australia.

Mereka berhasil memperdaya pria asal AS Peter Strand (65) melalui kencan online untuk membawa 2,5 kg kokain namun ditangkap di bandara Sydney.

Kepolisian New South Wales menuduh jaringan penipuan ini beroperasi di dalam penjara Villawood.

Pada Oktober 2018, polisi menangkap tahanan Villawood asal Nigeria lainnya yang diduga menipu korban senilai hampir Rp 30 miliar.

Pihak berwajib berhasil mengetahui rencana sindikat itu menipu Strand ketika mendengarkan pembicaraan telepon Nweke pada 2013.

Selama November 2013 hingga April 2014, 10 pembicaraan telepon tersangka di Villawood menunjukkan adanya kontak dengan orang-orang Nigeria di Afrika Selatan, Brasil, Nigeria, India, dan Australia.