Raja Thailand Kecam Pencalonan Kakaknya Jadi Kandidat Perdana Menteri

Putri Ubolratana Mahidol
Sumber :
  • Instagram @princess.ubolratana

VIVA – Komisi Pemilihan Umum Thailand akan mempertimbangkan pencalonan mendadak Putri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi sebagai calon Perdana Menteri pada Pemilu Maret 2019.

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

Putri Ubolratana merupakan kakak tertua dari Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn. Pertimbangan tersebut dilakukan setelah Raja Thailand menyebut pencalonan itu tidak pantas dan tidak konstitusional.

KPU Thailand juga akan mempertimbangkan keluhan masyarakat, yang meminta otoritas terkait untuk melarang partai populis yang mengusung putri berusia 67 tahun itu.

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

Dilansir dari Straits Times, Pemilu pada 24 Maret adalah yang pertama sejak kudeta militer pada 2014. Thailand telah menjadi monarki konstitusional sejak 1932. Namun, keluarga kerajaan memiliki pengaruh besar.

Pencalonan Putri Ubolratana pekan lalu merupakan sebuah langkah mengejutkan dari Partai Thai Raksa Chart, yang terdiri atas pendukung mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra yang digulingkan.

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Namun, dalam sebuah pernyataan, Raja Vajiralongkorn mengatakan tidak pantas bagi anggota keluarga kerajaan untuk memasuki dunia politik.

Ketua Eksekutif Thai Raksa Chart, Chaturon Chaisaeng, menolak memberikan komentar tentang permintaan untuk membubarkan partai. Dia mengatakan, partai akan bergerak maju ke arena pemilihan untuk memecahkan masalah bagi negara. (art)

Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Anies juga merespons soal kemungkinan dirinya bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto, termasuk jika ditawari kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024