Logo BBC

Beda Iran Sebelum dan Sesudah Revolusi Tahun 1979

Suasana di Iran di dua masa berbeda.
Suasana di Iran di dua masa berbeda.
Sumber :
  • bbc/gettyimages

Pada tanggal 11 Februar i 1979, revolusi aliran Islam - salah satu peristiwa penting A bad ke-20 - menjatuhkan penguasa Iran saat itu , Mohammad Reza Pahlavi. Dengan menengok ke belakang, 40 tahun lalu, perubahan apa yang dialami negara ini?

1. Lonjakan penduduk

Ketika Ayatollah Ruhollah Khomeini, seorang ulama Syiah yang hidup dalam pengasingan di Paris, tiba di ibu kota Teheran untuk memimpin revolusi pada tahun 1979, terdapat 36 juta orang hidup di Iran.

Penduduk negara itu telah berlipat dua lebih sejak saat itu - sekarang mencapai angka 81 juta orang.

Desakan Ayatollah Khomeini untuk dihasilkannya generasi Muslim Syiah baru mendukung pertumbuhan ini. Negara itu langsung mengalami lonjakan kelahiran bayi setelah revolusi.

Tetapi pada akhir tahun 1980-an, sementara pemerintah menghabiskan dana untuk membiayai perang dengan Irak (1980-1988), kebijakan berubah dan progarm keluarga berencana diterapkan untuk membantu menghentikan pertumbuhan penduduk.

Meskipun demikian, kekhawatiran akan pengaruh penduduk yang menua dan keamanan nasional, membuat pemerintah pada tahun 2010 kembali mendorong penduduk untuk memiliki lebih banyak anak.

Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengecam kebijakan keluarga berencana dan pemerintah, dengan dukungan pemimpin tertinggi, melarang program keluarga berencana.


- BBC

Pertumbuhan penduduk berpusat di kota-kota utama.