Logo BBC

Saya 'Mencuri' Rp544 juta dari Ibu untuk Mendapat Miliaran`

Keberhasilan bisnis pertama Andrew Michael membuatnya sangat kaya. - GRANT TRIPLOW
Keberhasilan bisnis pertama Andrew Michael membuatnya sangat kaya. - GRANT TRIPLOW
Sumber :
  • bbc

Acara mingguan BBC, The Boss, menampilkan beberapa pemimpin dalam dunia usaha. Pekan ini kami berbicara dengan wirausahawan teknologi, Andrew Michael.

Ketika Andrew berumur 17 tahun dia mengubah kehidupannya dengan membelanjakan £30.000 atau Rp544 juta dari kartu kredit ibunya tanpa sepengetahuannya.

Peristiwa itu terjadi pada 1997, saat dia masih tinggal di rumah ibunya di Cheltenham, Inggris barat. Apa motifnya? Peluang bisnis.

Andrew bermaksud membuat situs internet dengan seorang teman sekolah setelah menyadari bahwa hanya sedikit perusahaan jasa pembuatan laman internet yang menyasar usaha kecil dan menengah atau masyarakat awam.

"Semua perusahaan pembuat laman internet di Inggris saat itu menargetkan perusahaan yang jauh lebih besar," kata Andrew yang sekarang berumur 39 tahun.

"Tetapi kami melihat bahwa bisnis kecil dan perseorangan menginginkan sesuatu yang dapat dilakukan sendiri dan mudah digunakan."

Karena itulah dia dan temannya memutuskan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan mendirikan perusahaan pembuatan laman internet dan aplikasinya bernama Fasthosts.