Kakak Raja Thailand Didiskualifikasi sebagai Kandidat Perdana Menteri

Putri Ubolratana Mahidol
Sumber :
  • Instagram @princess.ubolratana

VIVA – Komisi Pemilihan Umum Thailand mendiskualifikasi kakak perempuan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang mencalonkan diri sebagai perdana menteri. KPU Thailand merilis daftar resmi kandidat partai untuk pemilihan perdana menteri tanpa memasukkan nama Putri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi, kakak perempuan raja.

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa 12 Februari 2019, Putri Ubolratana dikeluarkan dari daftar tersebut karena setiap anggota keluarga kerajaan tak boleh terlibat atau harus netral secara politik.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Thailand tidak menyebutkan petisi terpisah kepada partai pengusung Putri Ubolratana, Partai Thai Raksa Chart, yang telah melanggar undang-undang pemilihan karena menggunakan monarki dalam kampanye.

10 Aktor BL Thailand yang Mencuri Hati Penggemar: Aslinya Bukan Gay?

Thailand telah menjadi negara monarki konstitusional sejak 1932. Namun, keluarga kerajaan memiliki pengaruh besar dan memerintahkan pengabdian jutaan rakyat Thailand.

Dalam pernyataannya beberapa jam setelah pengumuman Ubolratana sebagai kandidat PM, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengatakan pencalonan itu tidak pantas dan tidak konstitusional bagi anggota keluarga kerajaan untuk memasuki politik. (art)

Indonesia Mengalami Hampir 100 Ribu Serangan di 2023
Sejumlah pengendara kendaraan bermotor mengalami kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Senin (18/5/2020).

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Seringkali, negara di Asia mengalami fluktuasi yang signifikan dalam berbagai indikator kunci seperti pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan sosial, dan stabilitas politik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024