Logo ABC

Pemerintah Ingin Tambah Jumlah Migrasi ke Australia Selatan

Australia Selatan ketinggalan dibandingkan New South Wales dan Victoria sebagai tujuan tempat tinggal para migran.
Australia Selatan ketinggalan dibandingkan New South Wales dan Victoria sebagai tujuan tempat tinggal para migran.
Sumber :
  • abc

Parlemen Australia Selatan menggelar dengar pendapat mengenai upaya meningkatkan jumlah migrasi ke negara bagian itu, karena selama ini pendatang ke Australia umumnya lebih memilih New South Wales dan Victoria.

Menteri Utama (Premier) Australia Selatan Steven Marshall menyatakan dalam setahun, hanya 10.000 migran yang tiba di sana. Jumlah yang sama datang ke Victoria hanya dalam 26 hari.

Menteri Pariwisata David Ridgway mengatakan, pertumbuhan populasi Australia Selatan hanya 0,7 persen atau jauh di bawah rata-rata nasional.

Komite parlemen sejauh ini telah menerima 36 proposal dari pemkot, universitas, pakar dan kalangan industri mengenai upaya meningkatkan jumlah populasi.

Menurut hasil penelitian Deloitte Access Economics, untuk setiap empat mahasiswa internasional yang kuliah di Australia Selatan, tercipta satu lapangan kerja.

Jika ada 100 ribu mahasiswa internasional kuliah di pedalaman Australia Selatan, maka akan tercipta 25 ribu pekerjaan dan menyumbang $ 350 juta setiap tahun.

Praktisi migrasi Mark Glazbrook meminta pemerintah memperkenalkan program visa yang serupa dengan Visa 457 regional yang sudah yang dihapuskan pada 2007.