Logo BBC

PM Polandia Batal ke Israel Gara-gara Tuduhan Netanyahu

Perdana Menteri (PM) Polandia, Mateusz Morawiecki (kiri) saat bertemu PM Israel, Benjamin Netanyahu di Warzawa.-Reuters
Perdana Menteri (PM) Polandia, Mateusz Morawiecki (kiri) saat bertemu PM Israel, Benjamin Netanyahu di Warzawa.-Reuters
Sumber :
  • bbc

Perdana Menteri (PM) Polandia, Mateusz Morawiecki, membatalkan kunjungan ke Israel setelah PM Israel, Benjamin Netanyahu, berkomentar tentang Holokos.

Netanyahu, seperti dikutip oleh media di Israel, mengatakan "Polandia bekerja sama dengan Jerman" selama Holokos.

PM Israel itu kemudian mengeluarkan klarifikasi yang menyebutkan bahwa dia tidak merujuk kepada negara Polandia atau semua orang Polandia.

Bagaimanapun, atas penyataan Netanyahu tersebut, Polandia memanggil duta besar Israel untuk Polandia pada Minggu (17/2) dan menyatakan bahwa Morawiecki tidak akan menghadiri pertemuan puncak pada Selasa (19/2).


Selama Perang Dunia Kedua, Polandia menderita akibat pendudukan secara brutal oleh rezim Nazi dan Soviet. Lebih dari lima juta warga Polandia, tiga juta di antaranya adalah orang-orang Yahudi, meninggal. - Getty Images

Pertemuan puncak, yang diselenggarakan oleh Israel, adalah pertemuan kelompok Visegrad yang terdiri Republik Ceko, Hungaria, Polandia, dan Slovakia.

Juru bicara pemerintah Polandia, Joanna Kopcinska mengatakan: "PM Morawiecki mengatakan kepada PM Netanyahu melalui sambungan telepon bahwa Polandia akan diwakili Menteri Luar Negeri Jacek Czaputowicz dalam pertemuan puncak tersebut".