Putra Mahkota Saudi ke Pakistan bak Penyelamat, Investasi US$20 Miliar

Pangeran Mohammad bin Salman.
Sumber :
  • SAUDI KINGDOM COUNCIL

VIVA – Kedatangan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammad bin Salman ke Pakistan membuahkan kesepakatan investasi hingga US$20 miliar. Diharapkan, angka investasi itu akan bisa mendorong ekonomi Pakistan lebih baik di tengah kondisi ekonominya yang kian rentan.

Sosok Kriangkrai, PRT Sebabkan Sejarah Berdarah Thailand-Arab Saudi

Dikutip dari laman BBC, kesepakatan itu diteken setelah Mohammad bin Salman atau MBS bertemu dengan pemimpin negara Pakistan dalam rangkaian safari kunjungannya ke negara-negara Asia. Sedianya, MBS juga akan berkunjung ke Indonesia, namun rencana kunjungan itu dibatalkan.

Investasi yang digelontorkan ke Pakistan termasuk untuk industri refinery senilai US$8 miliar di Kota Gwadar. Diketahui bahwa Pakistan memang membutuhkan suntikan dana dan sedang mencari pinjaman internasional untuk menyokong perekonomiannya.

Arab Saudi-Thailand Berselisih 30 Tahun karena PRT Pangeran

"Cukup besar jumlahnya untuk fase pertama ini dan akan bisa bertambah tiap bulan serta tiap tahun dan akan menguntungkan bagi kedua negara," kata Pangeran MBS.

Kondisi perbankan Pakistan pun tengah anjlok. Bank sentral Pakistan hanya memiliki cadangan tunai hingga US$8 miliar.

Arab Saudi-Thailand Pulihkan Diplomatik Setelah 30 Tahun Tak Akur

Sementara itu, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan juga sudah mencari pinjaman ke negara-negara yang selama ini memiliki kedekatan dengan Pakistan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi pinjaman dari Dana Moneter Internasional (IMF) yang dianggap syaratnya terlalu ketat dan makin mencekik. (art)

Selama ini perempuan Saudi hanya bekerja di bidang yang terbatas seperti guru dan tenaga kesehatan karena ketatnya pemisahan jender. (Reuters: Hamad I Mohammed)

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Sebuah lowongan kerja sebagai masinis perempuan di Arab Saudi dibanjiri oleh 28 ribu pelamar, padahal hanya 30 posisi yang tersedia. Antusiasme perempuan bekerja.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022