Logo ABC

Selandia Baru Diboikot Turis China Gara-gara Persulit Produk Negaranya

Media China mengatakan turis asal China mulai berkurang yang berkunjung ke Selandia Baru.
Media China mengatakan turis asal China mulai berkurang yang berkunjung ke Selandia Baru.
Sumber :
  • abc

Media pemerintah China mengatakan sekarang turis asal negeri itu lebih sedikit mengunjungi Selandia Baru setelah keputusan melarang perusahaan telekomunikasi China Huawei beroperasi di sana tahun lalu.

Hubungan wisata China-NZ China adalah mitra dagang terbesar Selandia Baru Beijing sebelumnya pernah menggunakan turis China sebagai alat diplomatik Namun China masih menempatkan Selandia Baru sebagai kawasan yang disetujui untuk dikunjungi.

Artikel yang diterbitkan oleh media milik pemerintah China Global Times menyebut bahwa turis China mulai mempertimbangkan rencana untuk tidak mengunjungi Selandia Baru sebagai bentuk "hukuman" setelah perusahaan HP Spartk dilarang menggunakan peralatan Huawei dalam penerapan teknologi 5G.

Disebutkan juga bahwa hubungan politik kedua negara sekarang mengalami ketegangan.

"Ini mirip seperti perampokan?", kata seorang pekerja di Beijing bernama Li yang menyebut diri sebagai "patriot" di dalam artikel tersebut.

"Selandia Baru menikam kita dari belakang, namun masih mau uang kita? Ini sama seperti bermuka dua."

Robert Ayson, Profesor kajian strategis di Victoria University of Wellington, mengatakan kepada ABC bahwa China sedang menunjukkan sikap mengenai pelarangan Huawei.