Logo BBC

Arab Saudi Janji Bantu Atasi Ketegangan India-Pakistan

Putra Mahkota Mohammed bin Salman atau MBS sedang melakukan lawatan ke Asia.-EPA
Putra Mahkota Mohammed bin Salman atau MBS sedang melakukan lawatan ke Asia.-EPA
Sumber :
  • bbc

Arab Saudi menyatakan akan berusaha mengurangi ketegangan antara India dan Pakistan, menjelang kedatangan Putra Mahkota Mohammed bin Salman di Delhi.

Pangeran yang dikenal dengan nama MBS itu sedang mengunjungi Asia dan baru saja melawat ke Pakistan sebelum ke India pada Selasa (19/02).

Permusuhan antara Delhi dan Islamabad muncul kembali minggu lalu, setelah bom bunuh diri meledak di wilayah Kashmir yang dikuasai India yang menewaskan paling tidak 40 polisi paramiliter.

Selain dikuasai India, sebagian wilayah Kashmir lainnya dikuasai Pakistan. Baik India maupun Pakistan mengklaim seluruh Kashmir, yang penduduknya mayoritas Muslim, sebagai wilayahnya meskipun masing-masing hanya menguasai sebagian wilayah itu.

Kelompok militan di Pakistan, Jaish-e-Mohammad, mengatakan berada di belakang serangan itu.

Pakistan menyangkal berperan dalam pengeboman, tetapi India menuduh negara itu terlibat dan bersumpah akan mengasingkan negara tetangganya tersebut di dunia.

Ketika berbicara pada hari Senin (18/02) Menteri Luar Negeri Saudi, Adel al-Jubeir mengatakan tujuan negara Arab Saudi adalah untuk "mencoba mengurangi ketegangan antara kedua negara dan melihat apakah terdapat jalan di masa depan untuk mengatasi perbedaan dengan damai."