Logo ABC

Sebarkan Pengaruh Geopolitik, Australia Pakai 'Senjata' Reality Show

Season terbaru dar serial reality TV "A Married At First Sight" dimulai Januari lalu.
Season terbaru dar serial reality TV "A Married At First Sight" dimulai Januari lalu.
Sumber :
  • abc

Australia memiliki strategi baru untuk memenangkan pengaruh atas tetangga-tetangganya di Pasifik melalui acara televisi bergenre reality show.

Tahun lalu, Perdana Menteri Scott Morrison mengumumkan paket sebesar $ 17 juta atau setara Rp170 miliar untuk menyiarkan televisi komersial di seluruh wilayah Pasifik sebagai bagian dari kebijakan diplomasi Australia di Pasifik - Australia Step-Up.

Pemerintah telah menempatkan paket ini sebagai kebijakan diplomasi lunak yang akan mengangkat profil Australia dengan mengirimkan program televisi dengan rating tertinggi di negara-negara Pasifik.

Sekretaris Departemen Komunikasi dan Seni Mike Mrdak mengatakan pada sidang Senat pada hari Selasa (19/2/2019) bahwa paket itu akan mencakup "paket lengkap program yang tersedia di saluran televisi Australia".

"Itu akan mencakup berbagai program yang tersedia di jaringan komersial, mulai dari drama, komedi Australia, film dokumenter Australia dan program televisi realitas Australia," katanya.

Program reality show seperti "Married At First Sight", My Kitchen Rules dan The Block merupakan acara TV paling popular di Australia tahun lalu menurut kelompok pengukuran pemirsa OzTam.

Senator dari Partai Hijau Sarah Hanson-Young tampak tidak percaya ketika Mrdak mengangkat prospek reality TV yang dipancarkan di sekitar Pasifik.