Trump Tolak Pengantin ISIS Warga Negara AS yang Mau Kembali

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump
Sumber :
  • Twitter.com/@realDonaldTrump

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan bahwa AS tak akan menerima para perempuan asal negaranya yang bergabung ke ISIS dan ingin kembali ke negara itu. Termasuk mereka yang menjadi pengantin ISIS, salah satunya Hoda Muthana.

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Donald Trump menuliskan cuitan di Twitter bahwa dia sudah memerintahkan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo untuk tidak membolehkan Hoda Muthana kembali ke Amerika Serikat. Hal senada dialami Shamima Begum, pengantin ISIS yang ingin kembali ke Inggris namun kewarganegaraannya sudah dicabut oleh Inggris.

Dikutip dari laman BBC, meskipun Trump sudah menolak Mathana, namun keluarga dan pengacaranya tengah berupaya secara hukum agar perempuan berusia 24 tahun itu bisa kembali ke AS. Mereka bersikeras bahwa Mathana masih memiliki status sebagai warga negara resmi AS.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Diketahui bahwa Mathana dibesarkan di Alabama dan bertolak ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS ketika dia berusia 20 tahun. Kepada keluarganya, dia mengatakan dia berangkat untuk menghadiri sebuah acara di universitas di Turki. Namun dia ternyata pergi ke Suriah.

Sementara kepada negara-negara Eropa, Trump meminta agar mereka menerima warga negaranya namun dengan catatan harus mengadili para simpatisan ISIS itu di negaranya masing-masing. 

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS
Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024