PBB Desak Indonesia Selidiki Dugaan Penggunaan Ular dalam Interogasi

Petugas berwenang menggunakan ular hidup untuk integrosi seorang diduga pencuri
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Para ahli hak asasi manusia di Perserikatan Bangsa Bangsa mendesak pemerintah Indonesia menyelidiki tuduhan kekerasan yang dilakukan oleh polisi dan militer di Papua. 

Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

Desakan tersebut dikeluarkan setelah beberapa waktu lalu beredar video yang menunjukkan petugas berwenang menggunakan ular hidup untuk mengintimidasi seorang tersangka saat diinterogasi.

Laporan-laporan pelanggaran HAM oleh petugas keamanan kerap kali tercatat di wilayah timur Papua, yang merupakan basis gerakan separatis selama beberapa dekade terakhir.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

"Kami mendesak pemerintah untuk mengambil langkah-langkah mendesak, mencegah penggunaan kekuatan yang berlebihan oleh polisi dan pejabat militer yang terlibat dalam penegakan hukum di Papua," kata para ahli.

"Kami juga sangat prihatin dengan apa yang tampak sebagai budaya impunitas dan kurangnya investigasi terhadap dugaan pelanggaran HAM di Papua," kata mereka dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Channel News Asia, Jumat 22 Februari 2019.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Ulah oknum polisi di Papua memicu kemarahan bulan ini, setelah para petugas terlihat membentangkan seekor ular di leher seorang tersangka untuk membujuknya agar mengakui tuduhan pencurian.

Sebuah video yang beredar di media massa menunjukkan seorang pria sedang duduk dengan tangan terikat ke belakang ditanyai tentang ponsel yang ia curi. Dia berteriak ketika seorang oknum petugas menyodorkan ular ke wajahnya. Pihak Kepolisian telah mengajukan permintaan maaf dan menjanjikan tindakan disipliner terhadap oknum tersebut.

Demonstran Kembali Bentrok Dengan Aparat di Depan Gedung DPR

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

Amnesty International menyoroti beberapa hal yang menunjukkan semakin buruknya situasi HAM di Indonesia, di mana represi atas kebebasan sipil sering terjadi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024