Logo BBC

Terlambat Tiga Menit, Menteri Kabinet Jepang Didesak Mundur

Yoshitaka Sakurada dianggap terus-menerus melakukan blunder, dari ucapan yang disebut tak pantas hingga terlambat rapat. - Reuters
Yoshitaka Sakurada dianggap terus-menerus melakukan blunder, dari ucapan yang disebut tak pantas hingga terlambat rapat. - Reuters
Sumber :
  • bbc

Menteri Jepang untuk urusan olimpiade dan paralimpik, Yoshitaka Sakurada, meminta maaf secara terbuka karena Kamis (21/02) lalu terlambat tiga menit saat menghadiri rapat kerja dengan parlemen.

Anggota parlemen dari kubu oposisi menyebut keterlambatan Sakurada menunjukkan sikap tidak hormat serta menyebabkan rapat komite anggaran tertunda lima jam akibat protes.

Para anggota legislatif itu sangat marah terhadap Sakurada yang mereka sebut melakukan sejumlah kesalahan berturut-turut.

Pekan lalu Sakurada menyatakan kekecewaannya setelah perenang andalan Jepang di Olimpiade, Rikako Ikee, didiagnosa mengidap leukemia.

"Dia adalah calon peraih medali emas (di Olimpiade Tokyo 2020), seorang atlet yang sangat kami harapkan. Saya sangat kecewa," ujar Sakurada saat itu.

Tak lama setelah pernyataan itu, Sakurada didesak meminta maaf.

Tahun 2016, Sakurada juga memicu kemarahan publik karena menyebut para perempuan yang dipaksa memberikan layanan seksual pada prajurit Jepang saat perang dunia sebagai `pelacur profesional`.