Logo BBC

Dokumen tentang Pelecehan Seksual Anak di Gereja Katolik Dihancurkan

Kardinal Marx meminta Gereja Katolik transparan dalam pengungkapan kasus-kasus pelecehan seksual di Gereja Katolik-Getty Images.
Kardinal Marx meminta Gereja Katolik transparan dalam pengungkapan kasus-kasus pelecehan seksual di Gereja Katolik-Getty Images.
Sumber :
  • bbc

Seorang Kardinal senior Gereja Katolik Roma mengatakan dokumen-dokumen yang mencatat pelecehan seksual anak sudah dihancurkan dan tindakan ini memungkinkan pelanggaran untuk terus berlanjut.

Kardinal Jerman Reinhard Marx yang berbicara di konferensi tentang pelecehan seksual di Vatikan mengatakan bahwa prosedur untuk menuntut para pelanggar hukum "sengaja tidak dipatuhi".

"Hak-hak korban secara efektif terinjak-injak," katanya.

Konferensi empat hari yang belum pernah diadakan sebelumnya dihadiri oleh 190 uskup dari seluruh dunia.

Gereja Katolik menghadapi tekanan yang semakin besar karena kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak dan remaja laki-laki yang berkepanjangan. Para korban mengatakan gereja gagal mengatasi masalah tersebut.

"Data yang seharusnya bisa mendokumentasikan tindakan-tindakan mengerikan dan menunjukkan siapa saja yang bertanggung jawab dihancurkan, atau bahkan tidak pernah dibuat," kata Kardinal Marx pada hari ketiga konferensi Vatikan.


Biarawati Katolik di Kerala, India, mendesak penangkapan Pastor Franco Mulakkal atas dugaan perkosaan. - Getty Images