Logo ABC

Kota Terpencil Ini Berpenduduk 12 Orang, Punya Klinik Swalayan

Meski jumlah pendudukanya sedikit, kota Innamincka banyak menarik minat pengunjung.
Meski jumlah pendudukanya sedikit, kota Innamincka banyak menarik minat pengunjung.
Sumber :
  • abc

Sebuah kota terpencil di Australia Selatan yang berpenduduk hanya 12 orang, tetapi dikunjungi lebih dari 50.000 orang setiap tahunnya dalam waktu dekat akan memiliki klinik swalayan yang dioperasikan dari jarak jauh.

Kota Innamincka, yang terletak lebih dari 800 kilometer timur laut Adelaide, Australia Selatan dan berbatasan dengan Queensland, akan menjadi rumah bagi klinik Layanan Terbang Dokter Kerajaan (RFDS).

Klinik ini akan dilayani oleh dokter dan perawat yang akan terbang setiap hari dari Broken Hill, di New South Wales bagian barat.

Tapi pada hari-hari di mana klinik tersebut tidak memiliki staf, pasien yang datang akan tetap dapat mengakses layanan melalui klinik kesehatan jarak jauh atau telehealth di mana mereka dapat diobservasi dari jarak jauh oleh dokter.

Manajer pengembangan layanan kesehatan RFDS Jenny Beach mengatakan klinik "kesehatan jarak jauh ini" akan memungkinkan seorang pasien menjalani serangkaian observasi penuh, bahkan ketika tidak ada perawat yang bertugas di kota itu sekalipun.

"Dokter akan dapat melihat ... pada dasarnya dapat melakukan penilaian yang jauh lebih baik," katanya.

"Dokter akan dapat mengatakan "buka laci nomor dua dan keluarkan sepotong kecil plastik berwarna hitam, dan teteskan cairannya di telinga Anda" dan dokter dapat mengoperasikan klinik itu dari tempat mereka berada.