Kabinet Saudi Setujui Pemberian Visa untuk Turis Asing

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kabinet Arab Saudi menyetujui pemberian visa elektronik bagi turis asing yang akan datang untuk menghadiri acara olahraga atau konser. Ini merupakan langkah Saudi yang mencoba untuk mendiversifikasi perekonomian negaranya.

Sosok Kriangkrai, PRT Sebabkan Sejarah Berdarah Thailand-Arab Saudi

Negara Muslim konservatif itu sebelumnya membatasi visa, yaitu hanya diberikan bagi pekerja tetap, pelancong bisnis, dan peziarah Muslim yang diberi visa khusus untuk bepergian ke tempat-tempat suci.

Reformasi ekonomi yang didorong oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman itu bertujuan untuk mengangkat sektor pariwisata kerajaan dari US$27,9 miliar pada 2015 menjadi US$46,6 miliar pada 2020.

Arab Saudi-Thailand Berselisih 30 Tahun karena PRT Pangeran

Rencana untuk menerima sejumlah besar wisatawan dari luar negeri itu telah dibahas selama bertahun-tahun dan kerap ditolak oleh opini dan birokrasi yang konservatif.

"Kedutaan dan konsulat dapat mengeluarkan visa dalam waktu 24 jam, setelah menerima permintaan," tulis harian Arab News, mengutip keputusan kabinet pekan lalu, seperti diberitakan Channel News Asia. Belum jelas kapan visa turis itu akan tersedia.

Arab Saudi-Thailand Pulihkan Diplomatik Setelah 30 Tahun Tak Akur

Sebagai bagian dari agenda reformasi ekonomi Pangeran Mohammed, Kerajaan Saudi juga telah mengakhiri larangan bioskop yang sudah diberlakukan selama hampir 40 tahun, mengizinkan konser musik termasuk pertunjukan oleh bintang pop Barat dan menyelenggarakan acara olahraga internasional. (art)

Selama ini perempuan Saudi hanya bekerja di bidang yang terbatas seperti guru dan tenaga kesehatan karena ketatnya pemisahan jender. (Reuters: Hamad I Mohammed)

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Sebuah lowongan kerja sebagai masinis perempuan di Arab Saudi dibanjiri oleh 28 ribu pelamar, padahal hanya 30 posisi yang tersedia. Antusiasme perempuan bekerja.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022