Obama: Banyak yang Lebih Pantas Terima Nobel

VIVAnews - Presiden Barack Obama mengatakan ada orang lain yang lebih pantas menerima Hadiah Nobel Perdamaian.

PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok, Ahmad Syaikhu: Kinerjanya Bagus

Obama yang sudah tiba di Oslo, Norwegia, untuk mengambil Hadiah Nobel Perdamaian juga mengaku terkejut saat namanya disebut sebagai pemenang Hadiah Nobel pada Oktober lalu.

"Saya yakin banyak orang lain yang lebih pantas menerima hadiah Nobel," kata Obama dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Norwegia, Jens Stoltenberg, Kamis 10 Desember 2009, seperti dikutip dari laman stasiun televisi CNN.

Selain untuk menerima hadiah Nobel, di Norwegia Obama juga akan mengunjungi Nobel Institute. Di sana, dia akan bertemu dengan lima anggota panel yang memutuskan memberikan Nobel padanya. Demikian menurut pejabat departemen luar negeri, Mette Owre.

Obama dan istrinya juga diagendakan bertemu dengan Raja Harald V dan Ratu Sonja, sebelum menerima hadiah Nobel pada upacara yang diselenggarakan malam hari dan menghadiri jamuan makan malam. Hadiah Nobel itu termasuk cek senilai US$1,4 juta, sebuah medali emas, dan sebuah gelar.

Kemenangan atas Hadiah Nobel yang diumumkan pada Oktober lalu ini menuai kontroversi. Beberapa kalangan mendukung terpilihnya Obama sebagai peraih Nobel, sedangkan kalangan lain mempertanyakan apa yang telah dilakukan Obama hingga dia dianggap pantas untuk menerimanya.

Tenggat waktu pengajuan nominasi adalah pada 1 Februari, kurang dari dua pekan setelah pelantikan Obama sebagai presiden. "Keputusan pemberian Nobel ini bukan atas pencapaian-pencapaian saya, tetapi lebih ke panggilan untuk bertindak," kata Obama.

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba
ODGJ Ngamuk di Cengkareng, Mau Tikam Kakaknya

ODGJ Ngamuk di Cengkareng Mau Tikam Kakanya Sendiri, Ternyata Kabur dari Dinsos

Seorang pria berinisial A yang merupakan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, mengamuk hingga nyaris menikam keluarganya sendiri. Untung

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024