Logo ABC

Akun FB Anti-Islam di Australia Dikendalikan dari Negara Balkan

Sejumlah akun Facebook populer yang memicu debat panas di Australia dikendalikan dari negara Balkan.
Sejumlah akun Facebook populer yang memicu debat panas di Australia dikendalikan dari negara Balkan.
Sumber :
  • abc

Beberapa akun Facebook populer dengan jumlah follower besar di Australia yang selama ini mewadahi sikap anti Islam dan anti pengungsi ternyata dikendalikan dari negara Balkan. Pemilik akun tersebut mengeruk keuntungan dengan memonetisasi laman mereka.

Investigasi ABC News mengidentifikasi setidaknya empat akun populer dengan karateristik serupa, dikelola oleh admin yang berbasis di Kosovo, Albania dan Republik Makedonia Utara.

Informasi lokasi admin kini bisa ditemukan menyusul langkah Facebook di Australia dalam transparansi periklanan sejalan dengan yang diterapkan di Amerika Serikat sejak pertengahan 2018.

Keempat laman FB populer ini banyak menampilkan postingan patriotik, agitasi. Beritanya kebanyakan dikutip dari satu website khusus yang berfungsi mengemas ulang konten yang dicuri dari lembaga pemberitaan resmi. Berita ABC sendiri sering disalahgunakan di sini.

Konten anti orang asing fokus topik seperti pengungsi, imigrasi, Muslim, Islam dan kebebasan berbicara. Akun-akun ini menyasar politisi dari Partai Buruh, Partai Hijau, dan tokoh liberal moderat.

Secara total follower FB jaringan ini lebih dari 30.000 akun sejak beberapa tahun terakhir. Akun paling populer, "Australians against Sharia", sudah eksis sejak Juni 2013.

Tiga akun lainnya yaitu "Aussie infidels", "Stop the Mosque in Melbourne" serta "Stop all Mosque in Narre Warren". Narre Warren adalah sebuah kawasan di pinggiran Melbourne.