Logo BBC

Ethiopian Airlines Tawarkan Sekantong Tanah ke Keluarga Korban ET-302

- Reuters
- Reuters
Sumber :
  • bbc

Maskapai Ethiopian Airlines menawarkan sekantung tanah dari lokasi jatuhnya pesawat ET-302 sebagai pengganti 157 penumpang yang tewas, untuk dikuburkan pihak keluarga.

Tanah dari lokasi jatuhnya pesawat berjenis Boeing 737 Max-8 tersebut telah dipersiapkan untuk upacara pemakaman di Addis Ababa, yang digelar Minggu (17/3), lapor Reuters.

Otoritas berwajib menyebut keluarga bisa menunggu hingga enam bulan hingga seluruh korban bisa diidentifikasi.

Beberapa negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia, telah memberlakukan larangan terbang bagi Boeing 737 Max-8, setelah jatuhnya ET-302 pada 10 Maret. Ini merupakan insiden kedua yang melibatkan pesawat jenis tersebut, setelah jatuhnya JT-610 dari Maskapai Lion Air di perairan Indonesia, tahun lalu.

Menteri transportasi Ethiopia Dagmawit Moges mengatakan pada Sabtu (17/3) dibutuhkan "waktu yang lama" bagi tim penyelidik untuk menemukan penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

"Investigasi dengan magnitudo sebesar itu membutuhkan analisis yang cermat serta waktu penyelidikan yang cukup lama untuk menghasilkan sesuatu yang konkret," ujar Moges dalam konferensi pers.

Keluarga korban pesawat ET-302 diminta menyediakan sampel DNA untuk diserahkan ke kantor Ethiopian Airlines, baik di Addis Ababa, atau di kantor cabang lainnya di seluruh dunia.