Logo BBC

Putar Video Serangan Masjid Christchurch di Kampanye, Erdogan Dikecam

Presiden Erdogan dikritik karena mempertonton rekaman serangan di masjid Selandia Baru untuk kepentingan politiknya. - Kantor Presiden Turki/Getty Images
Presiden Erdogan dikritik karena mempertonton rekaman serangan di masjid Selandia Baru untuk kepentingan politiknya. - Kantor Presiden Turki/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Sehari setelah penembakan di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, yang menyebabkan 50 orang meninggal dunia, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mempertontonkan rekaman video aksi itu dalam kampanye untuk memacu dukungan dari kalangan konservatif.

Rekaman video dan juga ringkasan yang disebut berasal dari manifesto tersangka pelaku serangan diputar lewat layar besar di Istanbul pada Sabtu (16/03). Namun aksi Presiden Erdogan itu sontak mendapat kecaman luas.

Kecaman utama muncul dari kubu oposisi di Turki, Partai Rakyat Republik dan pemimpin Partai Kebahagiaan Mutlak, Temel Karamollaoglu.

Kubu oposisi mengatakan Presiden Erdogan menggunakan rekaman video itu untuk menambah angka dukungan menjelang pemilihan daerah sebelum akhir bulan ini.

` Konflik antara salib dan bulan `

Adapun Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters, mengatakan ia telah menghubungi mitra kerjanya dari Turki untuk menyampaikan keprihatinan atas penggunaan rekaman penembakan para jemaah Salat Jumat di dua masjid Christchurch pada Jumat (15/03).

Dalam acara kampanye di hadapan pendukungnya, Erdogan mengatakan tersangka memberikan ancaman kepada Muslim di Turki dan dua kali mengunjungi negara itu.