Menlu Sebut Indo Pasifik Punya Peran Kunci dalam Geopolitik

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dinia Adrianjara

VIVA – Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan High Level Discussion on Indo Pacific Cooperation, Rabu, 20 Maret 2019. Dialog tingkat tinggi yang dihadiri perwakilan dari 18 negara ini akan membahas berbagai hal penting untuk memastikan perdamaian, kesejahteraan dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, dialog ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab, dunia tengah menghadapi meningkatnya tantangan keamanan. Kawasan Indo Pasifik memiliki peran strategis sebagai kunci dalam teater geopolitik.

"Sebagai negara kepulauan yang berada di dua samudera, Indonesia mengharapkan kawasan Indo Pasifik yang damai dan sejahtera berdasarkan rasa saling percaya, menghormati dan semangat kerja sama," kata Retno saat memberikan sambutan, di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu, 20 Maret 2019.

AS Pulihkan Strategi di Indo-Pasifik Demi Imbangi China, Apa Saja

Retno mengatakan, Indonesia mengharapkan kerja sama Indo Pasifik yang inklusif dan transparan, mampu mempromosikan kerja sama konkret dan sejalan, dengan visi Indonesia sebagai negara maritim.

Sebagai negara anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN, inisiatif Indo Pasifik yang diusung Indonesia juga merefleksikan pandangan tentang semangat Asia Tenggara sebagai zona yang damai, bebas dan netral. Termasuk dalam menghadapi dinamika geopolitik dan geoekonomi di kawasan Samudera Hindia dan Pasifik.

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

"Indonesia berharap pertemuan kali ini dapat memfasilitasi pembahasan dinamis dan interaktif, untuk kerja sama yang lebih dalam di antara pemangku kepentingan kawasan Samudera Hindia dan Pasifik," ujar Retno.

Dialog Tingkat Tinggi tentang Kerja Sama Indo Pasifik ini dihadiri oleh perwakilan menteri luar negeri, wakil menteri luar negeri dan pejabat tinggi dari 18 negara.

Negara-negara tersebut yaitu Australia, Brunei Darussalam, Selandia Baru, China, India, Korea Selatan, Jepang, India, Myanmar, Laos, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Amerika Serikat. Rusia, Filipina dan Indonesia sebagai tuan rumah. (dum)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya