AS Dukung Inisiatif RI Soal Indo Pasifik yang Bebas dan Terbuka

Dialog Tingkat Tinggi tentang Kerja Sama Indo Pasifik di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Pemerintah Amerika Serikat mendukung Dialog Tingkat Tinggi tentang Kerja Sama Indo-Pasifik yang diprakarsai oleh Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Asisten Wakil Menteri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri AS, Patrick Murphy.

AS Pulihkan Strategi di Indo-Pasifik Demi Imbangi China, Apa Saja

"Amerika Serikat mendukung upaya Indonesia untuk bisa menarik lebih banyak dukungan dari negara-negara di kawasan ini, untuk mencapai tujuan tersebut," kata Murphy usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Fairmont Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.

Murphy mengatakan dalam pertemuan ini telah dicapai banyak hal, di mana 18 negara turut duduk bersama dan berbagi prinsip yang sama mengenai Indo-Pasifik. Dalam hal ini seluruh peserta memiliki visi yang sama untuk kawasan yang bebas dan terbuka.

Pemuda Asia Afrika Gelar Kongres, Bahas Gejolak Indo-Pasifik

"Para peserta berbagi prinsip yang sama, mereka juga memiliki visi yang sama yaitu mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dengan rasa hormat terhadap negara-negara, besar maupun kecil, dan bagaimana mereka menyelesaikan masalah sesuai peraturan hukum yang berlaku," ujar Murphy.

Sementara itu dalam pertemuan bilateralnya dengan Retno, keduanya juga membahas 70 tahun peringatan hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat. Kedua negara memiliki kemitraan strategis dan berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama tersebut.

Indonesia Prihatin atas Rencana Australia Bangun Kapal Selam Nuklir

"Saya juga mengatakan kepada Menlu Retno bahwa AS merupakan mitra yang sangat berkomitmen di bidang kemanusiaan dan bidang pemulihan bencana. AS mengekspresikan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya untuk korban bencana banjir di Papua dan mengekspresikan komitmen Indonesia dan negara lain dalam bidang penanggulangan bencana," kata dia.
 

Ilustrasi peta kawasan ASEAN (sumber: freepik.com)

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

ASEAN punya tantangan yang akan menentukan posisi serta stabilitas politik dan keamanan regional Asia Tenggara.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2022