Logo ABC

Muslim Indonesia Melbourne Gelar Doa Bersama Usai Salat Jumat

IMCV menggelar shalat Jumat di Edinburgh Hall, kawasan Springvale yang dihadiri lebih dari 120 orang.
IMCV menggelar shalat Jumat di Edinburgh Hall, kawasan Springvale yang dihadiri lebih dari 120 orang.
Sumber :
  • abc

Tepat sepekan lalu (15/03), seorang penembak berkebangsaan Australia mendatangi Masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru dan melakukan serangan sesaat sebelum shalat Jumat dimulai.

Penyerangan tersebut menewaskan 50 orang, termasuk satu warga Indonesia, yakni Lilik Abdul Hamid yang bekerja sebagai salah satu teknisi perawatan Air New Zealand.

Korban tewas banyak ditemukan di dalam Masjid Al Noor, sementara puluhan jemaah lainnya mengalami luka tembak dan beberapa di antaranya sempat mengalami kondisi kritis.

Hari ini (22/03), shalat Jumat digelar di lapangan Hagley Park, tepat di depan Masjid Al Noor yang berjalan dengan penuh haru dengan dihadiri ribuah jemaah.

Untuk pertama kalinya azan dan shalat Jumat disiarkan secara langsung oleh TV dan radio New Zealand, saluran media publik di Selandia Baru, termasuk di Australia oleh ABC News.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern ikut hadir dalam shalat Jumat bersama dengan warga dari beragam latar belakang dan agama untuk menunjukkan rasa belasungkawa dan solidaritas.

"Hati kita hancur namun kita tidak hancur. Kita hidup. Kita bersatu, kita bertekad tak membiarkan siapa pun memecah belah kita," kata Gamal Fouda, khatib sekaligus imam Masjid Al Noor yang selamat dari penembakan.