Logo BBC

Krisis Venezuela: Dua Pesawat Militer Rusia Angkut Serdadu Mendarat

Pesawat berbendera Rusia tampak di Bandara Internasional Simon Bolivar, Venezuela, pada Minggu (24/3).-Reuters
Pesawat berbendera Rusia tampak di Bandara Internasional Simon Bolivar, Venezuela, pada Minggu (24/3).-Reuters
Sumber :
  • bbc

Dua pesawat militer Rusia yang dilaporkan mengangkut puluhan serdadu dan perlengkapan dalam jumlah besar mendarat di bandara utama Venezuela dekat Caracas, pada Sabtu (23/3).

Kedua pesawat tersebut, sebagaimana diberitakan kantor berita Rusia, Sputnik, dikirim ke Venezuela guna "memenuhi kontrak teknis militer".

Javier Mayorca, seorang wartawan Venezuela, menulis melalui Twitter bahwa dirinya melihat sekitar sekira 100 serdadu dan 35 ton perlengkapan keluar dari kedua pesawat Rusia itu.

Laporan kedatangan dua pesawat tersebut mengemuka tiga bulan setelah Rusia dan Venezuela menggelar latihan militer gabungan.

Rusia telah lama menjadi sekutu Venezuela, yang diwujudkan dengan meminjamkan uang miliaran dollar AS serta menyokong industri minyak dan militer negara Amerika Selatan itu.

Rusia juga secara eksplisit menentang aksi Amerika Serikat dalam menerapkan rangkaian sanksi terhadap pemerintah Venezuela yang dipimpin Presiden Nicolas Maduro.

Pada Senin (25/3), Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, berbicara dengan Menlu Rusia, Sergei Lavrov, melalui telepon guna mendesak Moskow "menghentikan perilaku tidak membangun" di Venezuela.