Logo BBC

Kisah Penyelamat Kucing di Aleppo Suriah Menyentuh Hati Jutaan Orang

Alaa dengan kucing bernama Ernesto. - BBC
Alaa dengan kucing bernama Ernesto. - BBC
Sumber :
  • bbc

Seorang pria penyayang kucing di Aleppo, Suriah, Mohammad Aljaleel, menyentuh hati jutaan orang saat tempat penampungan kucingnya dilaporkan BBC melalui video pada 2016, seperti tertera di atas.

Ia harus meninggalkan kota itu saat jatuh ke pasukan pemerintah Suriah. Namun ia kini kembali dan membuka tempat penampungan untuk membantu anak-anak dan juga binatang, seperti dilaporkan Diana Darke.

Beberapa minggu setelah video ditayangkan pada 2016, Mohammad Aljaleel yang biasa dipanggil Alaa hanya bisa menatap saat tempat penampungan kucingnya dibom dan kemudian diserang dengan gas klorin dalam pengepungan Aleppo.

Lebih dari 180 kucingnya hilang atau mati. Seperti halnya ribuan warga sipil lain yang terperangkap di bagian timur kota yang terus dibombardir jet-jet Rusia dan Suriah, ia terperangkap.

Saat pengepungan berlanjut, ia pindah dari satu tempat di Aleppo ke tempat lain dan menyaksikan pemandangan yang mengerikan.

Namun ia tetap membantu orang-orang yang terluka dan mencari kucing-kucingnya yang bertahan.

Saat kota itu jatuh pada Desember 2016, ia juga ikut angkat kaki dalam konvoi kendaraan. Truknya penuh dengan warga yang terluka dan paling tidak enam kucing.

"Saya selalu merasa tugas saya untuk membantu orang dan binatang di mana pun mereka perlu," kata Alaa.

"Saya percaya siapa pun yang melakukan ini akan menjadi orang paling bahagia di dunia, dan juga beruntung."

Setelah sempat tinggal sebentar di Turki, ia kembali ke Suriah dengan membawa satu kucing dari Turki, dan membuka tempat penampungan kucing baru, yang lebih besar, di Kafr Naha, satu desa di barat Aleppo.