Penghitungan Suara Membingungkan, KPU Thailand Salahkan Media Massa

Wisata Bangkok, Thailand.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Komisi Pemilihan Umum Thailand (EC) menyalahkan media massa terkait hasil penghitungan suara yang dianggap membingungkan. Hal itu terjadi setelah pemilihan umum yang digelar oleh pemerintah Thailand pada hari Minggu, 24 Maret 2019.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal EC Nat Kaosisawakul, komisi tersebut hanya bertanggung jawab untuk mendistribusikan data mentah ke organisasi media ketika suara masuk. Oleh karena itu komisi merasa tidak menjadi penyebab kebingungan hasil penghitungan tersebut.

"Organisasi media itu sendiri yang menerapkan data dan menyajikannya dalam bentuk grafik. Jika Anda perhatikan setiap saluran melaporkan data secara berbeda dan itu tergantung kemampuan masing-masing media," kata Kaosisawakul seperti yang dikutip stasiun Channel News Asia.

Gibran Ingin Bertemu Semua Lawan Politiknya, Ganjar Bilang Selalu "Open House"

"Kami hanya memberikan data mentah kepada media. Cara penyajiannya tergantung pada setiap stasiun dan saluran. Ketika kami menerima katakanlah 20 persen data dari lebih dari 90.000 tempat pemungutan suara, kami akan mengirimkannya ke media. Kemudian ketika kami menerima 30 persen data, kami akan melakukan
hal yang sama sedikit demi sedikit. Data akan diterima oleh server media dan didistribusikan. Itu sebabnya informasi yang dilaporkan bervariasi," kata dia.

Penghitungan suara pada hari Minggu dimulai setelah pemilu ditutup pada pukul 17.00 waktu setempat. Beberapa jam setelah proses itu, sejumlah hasil yang berbeda muncul di media.

Bertemu Megawati, Ganjar Tegaskan Putusan PHPU Momentum Kembalikan Marwah MK

Pengamat politik di media sosial pun membagikan gambar dan informasi yang menunjukkan kecurigaan mereka terhadap hasil penghitungan suara KPU Thailand.

Salah satu contohnya seperti di Provinsi Chiang Rai, di mana jumlah surat suara yang didiskualifikasi lebih tinggi dibandingkan jumlah yang memenuhi syarat. Beberapa laporan juga menunjukkan adanya penghitungan suara yang tidak adil. (ren)
 

Turis Korea lakukan tindakan tidak senonoh di Thailand

Viral Turis Korea Dikecam Gegara Tindakan Tak Senonoh di Festival Kebudayaan Thailand

Turis asal Korea telah menimbulkan kontroversi di Thailand pada baru-baru ini setelah tertangkap melakukan tindakan tidak senonoh di tengah perayaan budaya, Songkran.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024