Logo BBC

Ganti Presiden Bergema di Venezuela, Oposisi Tunggu Dukungan Militer

Juan Guaido mengklaim hampir 90% warga Venezuela mendukungnya - Reuters
Juan Guaido mengklaim hampir 90% warga Venezuela mendukungnya - Reuters
Sumber :
  • bbc

Pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido, mengakui pergantian presiden dan pemerintahan hanya akan terjadi jika ada dukungan dari militer. Hanya saja, sejauh ini para pemimpin militer tetap loyal kepada Presiden Nicolas Maduro.

Guaido menyatakan dirinya sebagai pemimpin sementara Venezuela pada Januari lalu dan mengklaim dirinya didukung oleh hampir 90% rakyat Venezuela dan disokong Amerika Serikat.

Pada Minggu (31/03), pemerintah Venezuela mengatakan mereka akan mempersingkat hari kerja dan menutup sekolah karena pemadaman listrik.

Kantor akan berhenti bekerja pada pukul 14:00 waktu setempat untuk mencapai konsistensi dalam penyediaan listrik", ujar Menteri Komunikasi Jorge Rodriguez dalam pernyataan yang disiarkan di televisi pemerintah.

Guaido mengatakan kepada BBC bahwa pemadaman listrik dan kekurangan air yang melanda rumah sakit, transportasi umum, pelayanan air dan layanan lainnya - memicu kemarahan publik yang intens terhadap pemerintah Maduro.

"Kondisi sekarang adalah protes di lebih dari 20 distrik Ibu Kota, Caracas, dan di semua negara bagian Venezuela. Orang-orang menuntut agar pasokan listrik dan air dipulihkan, tetapi juga untuk perampas, Nicolas Maduro, untuk pergi. Ini merupakan pesan utama," katanya.

Pemerintah mengklaim pemadaman itu adalah sabotase yang dilakukan untuk memaksa Maduro hengkang dari jabatannya.