36 Guru Seni RI Berbagai Provinsi Selesaikan Program Budaya di China

Program Pelatihan Pendidikan&Komunikasi Budaya Guru Seni RI dan China
Sumber :
  • KBRI Beijing

VIVA – Sebanyak 36 guru seni dari berbagai provinsi di Indonesia menyelesaikan program Pelatihan Pendidikan dan Komunikasi Budaya untuk para guru seni budaya Indonesia yang dilaksanakan di China Conservatory of Music (CCOM), Beijing. Program ini diinisiasi oleh KBRI Beijing atas prakarsa Atase Pendidikan dan CCOM dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan, AS Sebut Mereka sebagai Sumber Kejahatan

Selama tiga minggu, para guru seni ini mendapat pengalaman dan pengetahuan mengenai seni budaya Tiongkok seperti  opera, musik tradisional dan kaligrafi. Sebaliknya, mereka juga memperkenalkan seni budaya Indonesia kepada para dosen dan siswa Tiongkok sebagaimana dirilis KBRI Beijing, 31 Maret 2019.

Dalam sambutannya pada acara penutupan di Auditorium CCOM, Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun menyampaikan bahwa program pelatihan ini semakin menegaskan bahwa people to people contact dapat menjadi perekat hubungan dan kerja sama Indonesia dan Tiongkok.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Para guru ini dianggap telah menjadi duta bangsa yang ikut memperkenalkan seni budaya Indonesia di Tiongkok. Diharapkan pengalaman yang diperoleh selama pelatihan ini dapat menjadi referensi bagi kemajuan pendidikan seni di Indonesia. 

Pada kesempatan itu, Dubes Djauhari juga menyerahkan satu set alat musik angklung kepada CCOM sebagai salah satu upaya untuk lebih memperkenalkan budaya Indonesia di Tiongkok. 

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Acara penutupan berlangsung meriah dengan pertunjukan seni yang dipersembahkan para guru berkolaborasi dengan para dosen dan siswa CCOM. Ditutup dengan lagu Suwe Ora Jamu yang dinyanyikan para guru seni diiringi musik tradisional Tiongkok. Program pelatihan ini disebutkan memberi kesan mendalam baik bagi para guru peserta pelatihan maupun para dosen dan mahasiswa di Tiongkok. 

Presiden AS Joe Biden bersama Presiden China, Xi Jinping.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

Pihak China pada pekan lalu mengeluarkan teguran keras kepada Amerika Serikat, setelah Ketua DPR AS Mike Johnson mengeluarkan pernyataan kontroversial.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024