Pesawat Garuda Mendarat Darurat di Srilanka

Garuda Indonesia/Ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA Foto/Muhammad Iqbal

VIVA –  Sebuah pesawat penumpang tipe 330 dengan nomor penerbangan GA 972 milik Garuda Indonesian Airways melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Bandaranaike (BIA), Srilanka. Airport Duty Manager mengatakan, pendaratan darurat dilakukan dengan laporan adanya asap di kabin.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Diberitakan oleh Daily Mirror, pesawat tersebut melakukan penerbangan menuju Jeddah, Arab Saudi. Petugas dari BIA yang tidak disebutkan namanya mengatakan, bandara telah menyiapkan ambulans, mobil pemadam kebakaran, dan persyaratan lain untuk mendarat darurat. "Pesawat mendarat pukul 09.00 malam, dengan 338 penumpang termasuk awak pesawat," ujarnya.

Tim teknis BIA sedang menyelidiki insiden tersebut. Sesuai standar penerbangan internasional, pesawat tidak diizinkan terbang kembali. Seluruh kru dan penumpang telah dikirim ke hotel. 

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Vice President Corporate Communication Garuda, Ikhsan Rosan membenarkan terjadinya insiden tersebut. Ia menjelaskan, hal itu disebabkan karena tekanan kabin berkurang. "Awak pesawat mendeteksi adanya tekanan kabin yang berkurang (cabin pressure)," kata Ikhsan saat dihubungi media, Rabu 3 April 2019.

Dengan mempertimbangkan aspek keselamatan dan kenyamanan penumpang, lanjut Ikhsan, pilot in command kemudian memutuskan untuk mengalihkan pendaratan di Bandara terdekat. "Yakni Bandara Internasional Srilanka di Kolombo pada pukul 09.00 local time," ujarnya.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Ikhsan membenarkan, pesawat tersebut berjenis Airbus 330 itu dan  mengangkut 338 orang penumpang, yang semuanya dinyatakan selamat. "Garuda Indonesia bersama dengan jajaran terkait juga telah mengirimkan teknisi untuk memastikan pesawat tersebut layak kembali beroperasi," kata Ikhsan.

Atas nama Garuda Indonesia, ia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami seluruh penumpang. (mus)

Ilustrasi pesawat/traveling.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Negera-negara tetangga, seperti Asia Tenggara kerap dipilih pelancong Indonesia jika ingin berlibur ke luar negeri. Selain dekat, traveling ke sana lebih terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024