Logo BBC

Dunia Punya Lebih Banyak 'Kakek-Nenek' Ketimbang Cucu-cucu

jumlah orang tua berusia 65 tahun ke atas di dunia lebih banyak daripada jumlah balita pada tahun 2018.-Getty Images
jumlah orang tua berusia 65 tahun ke atas di dunia lebih banyak daripada jumlah balita pada tahun 2018.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Menurut Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk pertama kalinya dalam sejarah, jumlah orang tua berusia 65 tahun ke atas di dunia lebih banyak daripada jumlah balita pada tahun 2018.

Saat ini terdapat sekitar 705 juta penduduk berusia di atas 65 tahun di dunia, sementara yang berumur antara nol hingga empat tahun berjumlah 680 juta.

Kesenjangan yang melebar

Perbedaan jumlah kedua kelompok usia ini makin melebar, dan pada tahun 2050 diperkirakan akan ada dua manula untuk setiap satu balita.

Jurang yang melebar ini mencerminkan kecenderungan yang telah diamati oleh para ahli demografi selama beberapa dekade, bahwa di kebanyakan negara, manusia hidup lebih lama dan semakin sedikit melahirkan bayi.


Populasi penduduk dunia semakin tua menurut PBB - Getty Images

Namun bagaimana kecenderungan ini akan mempengaruhi hidup kita? Atau jangan-jangan sudah terjadi?

Kakek nenek lebih banyak daripada jumlah cucu-cucu

Direktur Institute for Health Metrics and Evaluation di University of Washington, Christopher Murray, mengatakan kepada BBC, "Di masa mendatang hanya akan ada sedikit anak-anak dan banyak manula, dan ini akan sangat sulit untuk mempertahankan masyarakat global."

Murray juga menulis sebuah makalah pada tahun 2018 yang menyatakan bahwa lebih dari separuh negara-negara di dunia menghadapi " baby bust " yang artinya tidak terdapat jumlah anak-anak untuk mempertahankan jumlah populasi.

"Coba pikirkan dampak sosial dan ekonomi pada masyarakat di mana jumlah kakek-nenek lebih banyak daripada jumlah cucu-cucu," katanya.