Logo BBC

Burger King Hapus Iklan Makan Burger Pakai Sumpit, Dicap Rasis

- BURGER KING/INSTAGRAM
- BURGER KING/INSTAGRAM
Sumber :
  • bbc

Burger King menghapus iklan yang memperlihatkan beberapa orang Barat tengah mencoba menyantap burger menggunakan sumpit berukuran besar setelah iklan itu dikritik di media sosial.

Iklan menu baru burger ala Vietnam yang ditayangkan di Selandia Baru ini telah memicu perdebatan apakah isinya semata menyenangkan atau tidak sensitif secara budaya dan berbau rasis.

Klip iklan itu diunggah Marimo Mo, seorang perempuan Korea yang tinggal di Selandia Baru, pada akun Twitter-nya. Sejauh ini iklan tersebut telah dilihat lebih dari 2,9 juta kali.

Dia lantas mencaki-maki Burger King yang disebutnya mengolok-olok perilaku masyarakat Asia saat makan dan menggambarkan iklan tersebut sebagai rasis.

Mo lantas membuat cuitan: "Saya muak dengan rasisme dalam bentuk apa pun. Dari jenis yang mengolok-olok adanya perbedaan budaya. Katakan tidak terhadap setiap tindakan seperti itu."

Sejumlah pengguna media sosial lainnya tak kalah pedasnya mengritik materi iklan tersebut:

"Saya selalu mengira Burger King lebih baik ketimbang KFC dan McDonalds, tetapi saat ini saya tidak ingin mengonsumsi produk mereka," tulis seseorang dalam unggahannya di platform mikroblog China, Weibo.