Walau Tinggal di Negara Krisis Venezuela, WNI Tetap Semangat Mencoblos

Ilustrasi pemilu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Penyelenggaraan pemilihan umum presiden/wakil presiden dan legislatif Indonesia tahun 2019 di Venezuela berjalan dengan lancar. Meski tinggal di negara yang sedang mengalami krisis, namun warga negara Indonesia atau WNI yang ada di sana tetap antusias menyalurkan hak suaranya.

7 Negara dengan Cadangan Thorium Terbesar di Dunia

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Caracas menggelar pemilu pada Minggu, 14 April 2019, di Kedutaan Besar RI di Caracas. Di tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) Caracas, tercatat ada 29 Daftar Pemilih Tetap dan 4 Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

"Partisipasi pemilih termasuk diaspora Indonesia sangat menentukan kualitas demokrasi kita," kata Ketua PPLN Caracas, Anselmus Baru, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Heboh Seorang Napi Nekat Nyamar Jadi Wanita untuk Bisa Kabur

Selain menggunakan metode TPSLN, PPLN Caracas juga telah menggelar Kotak Suara Keliling (KSK) di antaranya KSK Puerto La Cruz pada 8 April 2019 sebanyak 13 DPT dan 8 DPTb, dan KSK Trinidad&Tobago pada 12-13 April 2019 sebanyak 160 DPT.

Selain itu PPLN Caracas juga memfasilitasi WNI yang tersebar di Grenada, St.Lucia dan St.Vincent&Grenadines melalui metode pos yang tercatat sebanyak 20 DPT.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Duta Besar RI untuk Venezuela, Luthfie Witto'eng mengungkapkan penghargaan dan terima kasih sebesar-besarnya kepada PPLN Caracas yang telah secara maksimal menggelar pemilu di Venezuela sehingga dapat berjalan lancar, aman dan tertib.

Pria Tertua di Dunia, Juan Vicente Pérez, Meninggal di Usia 114 Tahun

Pemegang Rekor Pria Tertua di Dunia Meninggal di Usia 114 Tahun

Pria tertua di dunia, Juan Vicente Pérez, yang memiliki 42 cucu meninggal pada usia 114 di Venezuela. Beliau meninggal dua bulan sebelum ulang tahunnya yang ke 115. 

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024