Logo BBC

Keluarga di Afghanistan Jual Putri Usia 5 Tahun Demi Berobat Adiknya

- BBC
- BBC
Sumber :
  • bbc

Nazanin dijodohkan pada saat berusia lima tahun. Saat usia 10 tahun, statusnya menjadi istri. Keluarga suaminya yang berusia 12 tahun membelinya dengan harga sekitar Rp49 juta enam tahun lalu.

Orang tuanya menjual Nazanin untuk mencari uang pengobatan adiknya yang sakit.

"Penderitaan putra saya sangat berat. Saat saya pandang wajahnya, saya merasa harus mengambil uang (untuk pembayaran putri saya). Ayah Nazanin ragu-ragu namun saya yakinkan untuk menerima uang dengan imbalan putri saya," kata ibu Nazanin yang tinggal di kamp pengungsi Shahrak e Sabz dekat Herat di Afghanistan barat.

Keluarga ini memiliki tujuh anak, tiga perempuan dan empat laki. Semuanya tidak sekolah dan tak bisa baca dan tulis. Mereka tak punya uang dan tak bekerja.

Inayatulhaq Yasini, wartawan BBC World Service, berbicara kepada mereka tentang keputusan menjual putri mereka.

Menyesal

"Putra kami mengalami epilepsi dari usia empat tahun dan kami tak punya uang untuk berobat," kata ayah Nazanin.


- BBC

Dalam upaya untuk mencari biaya berobat, keluarga itu memutuskan untuk menjual putrinya.

"Saya ambil uangnya dan setuju untuk menjual anak perempuan tertua untuk menikah. Saya gunakan uang itu untuk membayar berobat putra saya. Tapi anak saya tak sembuh juga dan saya kehilangan putri saya," kata ibunya.

"Bila seseorang menjual anak kecilnya dengan cara itu, tentu saja ada penyesalan. Saya juga menyesal, tapi itu tak ada gunanya," kata ayahnya menyela.

Perkawinan anak