Logo ABC

China Tingkatkan Penelitian Laut Dalam di Perairan Papua Nugini

Markas AS di barat Samudera Pasifik
Markas AS di barat Samudera Pasifik
Sumber :
  • abc

Kapal-kapal China berteknologi tinggi sedang memetakan perairan yang berlokasi dekat dengan Papua Nugini di saat Amerika Serikat dan Australia mulai memperbaharui pangkalan angkatan laut di Pulau Manus.

Penelitian ilmiah China di laut China Selatan:

Kapal China dikerahkan ke perairan dekat Pulau Manus ketika Australia dan AS meningkatkan pangkalan angkatan laut. Kapal-kapal tersebut termasuk armada yang meningkatkan survei di sekitar Filipina, Palau, Guam, dan Jepang. Informasi dapat menjadi sangat penting dalam konflik maritim di masa depan

Survei ilmiah di laut dalam yang dilakukan oleh China ini adalah bagian dari penelitian oseanografi Beijing di Pasifik Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Kawasan ini diyakini para ahli dapat menjadi wilayah penting dalam setiap konflik maritim di masa depan dengan Amerika Serikat.

Analisis militer terhadap data satelit GPS mengungkapkan dua kapal penelitian China memasuki Zona Ekonomi Eksklusif (EEZ) Papua Nugini di utara Pulau Manus.

Ini terjadi hanya beberapa minggu setelah Wakil Presiden AS, Mike Pence, mengumumkan pembangunan kembali pangkalan angkatan laut bersama Lombrum yang sudah semakin usang.