Logo BBC

Amerika Serikat Sasar Negara-negara Pengimpor Minyak Iran

Semburan api tampak di ladang minyak Soroush di Iran.-Reuters
Semburan api tampak di ladang minyak Soroush di Iran.-Reuters
Sumber :
  • bbc

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan untuk mencabut pengecualian sanksi bagi China, India, Jepang, Korea Selatan dan Turki yang masih membeli minyak dari Iran.

Dalam pengumuman pada Senin (22/04), Gedung Putih mengatakan pengecualian yang selama ini diberikan kepada China, India, Jepang, Korea Selatan dan Turki akan berakhir pada bulan Mei. Sesudah masa itu, negara-negara tersebut terancam dikenai sanksi AS jika terus membeli minyak dari Iran.

Tujuan pencabutan pengecualian sanksi itu adalah untuk benar-benar melumpuhkan ekspor minyak Iran sebagai sumber pendapatan utama negara.

Iran selama ini menegaskan sanksi AS yang diterapkan terhadap negara itu adalah ilegal. Presiden Trump kembali memberlakukan sanksi kepada Iran tahun lalu setelah menarik diri dari kesepakatan nuklir bersejarah tahun 2015 antara Iran dengan enam kekuatan dunia.

AS ingin paksa Iran berunding lagi

Berdasarkan kesepakatan itu, Iran setuju membatasi aktivis nuklirnya dan mengizinkan inspektur internasional melakukan pemeriksaan, sebagai imbalan atas pencabutan sanksi yang sebelumnya diberlakukan.

Pemerintah AS berharap dapat memaksa Iran berunding untuk menelurkan "kesepakatan baru" yang tidak hanya mencakup aktivitas nuklirnya, tetapi juga program rudal balistik dan sekaligus hal yang disebut para pejabat sebagai "tingkah laku jahat" di Timur Tengah.