Logo BBC

Kim Jong-un akan Bertemu Vladimir Putin untuk Pertama Kalinya

Kim Jong-un dan Vladimir Putin, kedua pemimpin yang `sama-sama tangguh.`-AFP
Kim Jong-un dan Vladimir Putin, kedua pemimpin yang `sama-sama tangguh.`-AFP
Sumber :
  • bbc

Media pemerintah Korea Utara mengonfirmasi Kim-Jong-un akan segera berkunjung ke Rusia untuk mengadakan pembicaraan pertama kalinya dengan Presiden Vladimir Putin.

Meski belum ada tanggal resmi yang diumumkan, pihak Kremlin menyebutkan keduanya akan bertemu "pada paruh kedua April".

Korea Utara menganggap penting setiap pertemuan dengan beberapa sekutu pentingnya, setelah gagal mencapai kesepakatan dalam pertemuan puncak dengan AS bulan Februari di Hanoi.

Keduanya akan mengusung agenda berbeda dalam pembicaraan yang diperkirakan akan berlangsung di kota Vladivostok, Rusia timur.

Seberapa besar pengaruh Moskow terhadap Korea Utara?

Uni Soviet adalah sekutu utama Korea Utara, yang menawarkan kerjasama ekonomi, pertukaran budaya dan bantuan. Mereka jugalah yang memberi Korea Utara pengetahuan awal tentang nuklir.

Namun sejak negara yang berjuluk Tirai Besi itu runtuh, hubungan mereka terpuruk. Dengan ikatan ideologis yang melemah, tidak ada alasan untuk perlakuan dan dukungan khusus. Dan sebagai mitra dagang reguler, Korea Utara tidak terlalu menarik bagi Rusia, karena tidak mampu menarik pasar internasional.

Sejak Rusia secara perlahan mengucilkan diri dari Barat sejak awal tahun 2000-an, beberapa hubungan sedikit meningkat. Moskow mendapati negaranya mendukung negara-negara "berdasarkan logika lama, bahwa musuh musuh saya adalah teman saya," jelas Profesor Andrei Lankov dari Universitas Kookmin Seoul.

Korea Utara dan Rusia terakhir kali mengadakan pertemuan bilateral pada tahun 2011, ketika Presiden Dmitry Medvedev bertemu ayah Kim, Kim Jong-il.