China Latihan Angkatan Laut Gabungan dengan 6 Negara Asia Tenggara

Salah satu armada jet tempur J-20 China.
Sumber :
  • China Daily

VIVA – Pemerintah China menggelar babak baru latihan bersama dengan Angkatan Laut dari enam negara Asia Tenggara di perairan lepas pantai timur wilayah negaranya. 

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

Wakil Laksamana Shen Jinlong mengatakan 13 kapal perang dan empat helikopter akan mengambil bagian dalam latihan di Qingdao, Provinsi Shandong, tempat China mengadakan parade angkatan laut.

Negara-negara yang ikut serta dalam latihan tersebut di antaranya Thailand, Filipina, Singapura dan Vietnam. Dua negara lainnya yang juga terlibat, tidak diungkapkan.

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

"Latihan bersama ini dirancang untuk menunjukkan kemauan China untuk bekerja dengan negara tetangganya, serta semangat Angkatan Laut China untuk membangun komunitas maritim masa depan dengan meningkatkan kerja sama keamanan dan saling percaya dengan semua mitranya di Asia Tenggara," kata Shen dalam keterangannya seperti dilansir South China Morning Post.

Latihan ini akan berfokus pada formasi dan pergerakan kapal, pencarian dan penyelamatan, inspeksi dan penangkapan, prosedur medis dan keterampilan lainnya. Shen mengatakan Indonesia dan Laos hanya akan mengirim pengamat dalam kegiatan tersebut.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Latihan bersama ini dilakukan ketika Beijing terlibat dalam sejumlah sengketa wilayah di Laut China Selatan dengan beberapa negara tetangga di Asia Tenggara termasuk dengan Filipina dan Vietnam.

Bocoran motor China bermesin 8 silinder.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Produsen kendaraan roda empat asal China, Great Wall Motors (GWM) berencana untuk melebarkan sayap ke sektor sepeda motor yang didukung oleh mesin delapan silinder.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024