Petahana Sosialis Pedro Sanchez Menang di Pemilu Spanyol

Hasil Pemilu Spanyol menangkan Sosialis
Sumber :
  • Sumber: BBC

VIVA – Petahana Perdana Menteri Pedro Sanchez mengklaim kemenangannya dalam pemilu di Spanyol. Namun disebutkan bahwa perolehan suara yang didapatkan jauh dari jumlah mayoritas.

Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen

Dikutip dari laman BBC, Sanchez hanya disokong partai dengan kekuatan 29 persen suara. Oleh karena itu dia akan membutuhkan dukungan koalisi setidaknya dari partai lokal maupun partai sayap kanan untuk membentuk dan memperkuat pemerintahan.

Pemilu ini adalah kali ketiga yang berlangsung di Spanyol dalam empat tahun terakhir. Sementara Partai sayap kanan untuk pertama kalinya akan masuk ke Parlemen setelah tak pernah lolos sejak berakhirnya pemerintahan militer pada era 1970-an.

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Dalam pidato kemenangannya, Sanchez menyebutkan bahwa yang menjadi tantangan terbesarnya adalah memerangi kesenjangan, ketidakberpihakan dan korupsi.

"Masa depan adalah kemenangan dan kekalahan adalah masa lalu," kata Sanchez yang disambut meriah oleh para pendukungnya dari Partai Sosialis itu.
 

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024
Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Pengamat politik yang merupakan Peneliti Utama BRIN menyebut upaya Prabowo Subianto untuk merangkul parpol lain non-pendukungnya, sesuai dengan janji kampanyenya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024