Logo BBC

Survei Global: Orang Indonesia Penduduk Paling Bahagia Kelima

Sejumlah perempuan mengendarai skuter vespa saat mengikuti Kartini Ride 2019 di Bandung, Jawa Barat, Minggu, 21 April 2019.
Sejumlah perempuan mengendarai skuter vespa saat mengikuti Kartini Ride 2019 di Bandung, Jawa Barat, Minggu, 21 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Orang-orang di seluruh dunia semakin dirundung amarah dan hidup dalam tekanan serta kekhawatiran, merujuk survei terbaru yang melibatkan 150 ribu orang dari 140 negara.

Jajak pendapat itu menemukan fakta bahwa sepertiga warga dunia mengalami stres. Adapun, satu dari lima penduduk dunia diliputi kemarahan serta dan kesedihan mendalam.

Dalam survei itu, Chad adalah negara yang paling negatif atau memiliki penduduk tidak bahagia yang terbanyak di dunia.

Negara yang paling positif adalah Paraguay dan Panama. Indonesia berada di peringkat kelima, berselisih tipis dengan sejumlah negara Amerika Latin yang disebut paling bahagia.

Survei kebahagiaan penduduk itu dikerjakan , lembaga jajak pendapat berbasis di Washington DC, Amerika Serikat.

"Negara Amerika Latin mendominasi peringkat teratas daftar negara dengan penduduk dewasa yang mengalami perasaan positif setiap hari."

"Satu-satunya negara di luar kawasan itu adalah Indonesia, yang masuk peringkat teratas sejak 2017," demikian pernyataan Gallup dalam laporannya.