Logo BBC

Sukhoi Maskapai Aeroflot Terbakar di Moskow, 41 Penumpang Tewas

Pesawat maskapai Aeroflot itu baru saja lepas landas ketika terpaksa kembali ke bandara dan mendarat darurat. - Getty Images
Pesawat maskapai Aeroflot itu baru saja lepas landas ketika terpaksa kembali ke bandara dan mendarat darurat. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Sedikitnya 41 orang meninggal dunia ketika pesawat jenis Sukhoi Superjet-100 milik maskapai Aeroflot mengalami kebakaran tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sheremetyevo di Moskow.

Sejumlah rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan para penumpang turun menggunakan peluncur darurat di bagian depan pesawat seraya menghindari kobaran api.

Sebanyak dua anak dan seorang pramugari adalah beberapa di antara korban meninggal, sebut sejumlah laporan media Rusia.

Seorang saksi mata mengungkap bahwa "mukjizat" ada penyintas dari pesawat yang mengangkut 78 penumpang dan lima kru tersebut.

Pihak Aeroflot mengatakan, pesawat itu terpaksa kembali ke bandara karena alasan-alasan teknis, tapi tidak memberikan rincian.

Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Sheremetyevo pada pukul 18.02 waktu setempat (22.02 WIB) dengan tujuan Kota Murmansk. Kru pesawat melepas sinyal darurat ketika malfungsi" terjadi beberapa saat setelah mengudara.

Seusai pesawat berbalik ke bandara dan mendarat darurat, mesin pesawat dilalap api di landasan pacu, sebut pernyataan Aeroflot.