Gertak Iran, Kapal Perang dan Jet Bomber AS Mondar-mandir

Jet Tempur AS, F-4 Phantom.
Sumber :
  • www.ejection-history.org.uk

VIVA – Amerika Serikat menempatkan kapal dan jet bomber atau penyerang yang siap dikendalikan kapan pun ke Iran apabila AS dan sekutunya mengalami serangan dari negara tersebut. Menurut Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton, pergerakan itu dilakukan sebagai respons atas meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran dan adanya indikasi ofensif.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Dikutip dari laman BBC, penempatan alutsista AS tak jauh dari wilayah Iran itu disebut sebagai upaya menggertak Iran agar jangan sekali-kali mengganggu AS dan sekutunya. Bolton melanjutkan, AS akan menahan serangan bahkan bisa menyerang musuh-musuh yang dianggap membahayakan kepentingan negara tersebut.

"AS sengaja menempatkan kapal perang USS Abraham Lincoln dan unit pesawat bomber ke area regional pusat basis AS di wilayah itu untuk mengirimkan pesan yang harus diterima dengan jelas oleh rezim Iran bahwa serangan dan gangguan apa pun terhadap kepentingan AS akan berakibat fatal," kata Bolton.

Berkali-kali Diserang Milisi Houthi, Arab Saudi Marah atas Iran

"AS bukan mau memulai perang dengan Iran. Namun kami benar-benar bersiap untuk segala serangan baik langsung maupun serangan proxy dari pasukan revolusioner Iran maupun angkatan perangnya," lanjut dia.

Pada tahun lalu, Presiden Donald Trump secara unilateral menarik AS dari kesepakatan nuklir Iran. Padahal, perjanjian itu sudah disepakati AS dan sejumlah negara Uni Eropa tahun yang diteken pada 2015. (ren)

Ledakan Besar Terjadi di Teheran Iran, Tiga Orang Terluka
Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020