Logo BBC

Brunei, Negara yang Menjadikan Titah Sultan Pedoman Hukum

Masjid-masjid emas dengan motif-motif Arab menyambut para pengunjung yang memasuki negara kecil Brunei. - BBC
Masjid-masjid emas dengan motif-motif Arab menyambut para pengunjung yang memasuki negara kecil Brunei. - BBC
Sumber :
  • bbc

Brunei telah menjadi fokus perhatian dunia atas keputusannya menerapkan hukum Islam yang keras untuk beberapa jenis pelanggaran, seperti perzinahan dan sodomi - tetapi suasana negeri itu sendiri cenderung hening, seperti dilaporkan wartawan BBC Jonathan Head.

Untuk sesaat, Anda bisa merasa seperti berada di Singapura. Jalanan di sana mulus dan terawat dengan baik, dengan kota yang ditata cermat dengan banyak pohon dan ruang untuk pejalan kaki.

Bandar Seri Bagawan - ibu kota Brunei - adalah tempat yang aman, tertib dan sangat sepi.

Kubah-kubah masjid yang mencolok, beberapa di antaranya disepuh dengan sangat indah, dengan simbol-simbol besar dalam tulisan Arab serta gambar-gambar yang memperlihatkan sosok berjenggot Sultan Hassanal Bolkiah lah yang memberi tahu Anda bahwa Anda berada di Brunei.

Negara ini adalah salah satu dari sedikit negara monarki absolut yang tersisa di dunia. Sultan memiliki kekuasaan eksekutif yang lengkap, tidak dibatasi oleh politisi atau parlemen.

Dia merangkap sebagai Perdana Menteri, Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, Menteri Keuangan dan kepala dari agama Islam di Brunei. Kata-katanya adalah hukum.


Sultan Hassanal Bolkiah mempunyai kekuasaan absolut di Brunei. - Getty Images

Menuju ke arah yang lebih religius

Negara ini adalah koloni Inggris yang kemudian menjadi negara protektorat sampai tahun 1984. Pada saat kemerdekaan, sultan memproklamasikan konsep monarki Muslim Melayu.