Sejarah Baru, Alabama Loloskan UU Larang Aborsi

Ilustrasi bayi
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Negara bagian Alabama di Amerika Serikat meloloskan undang undang yang melarang aborsi. Undang-undang ini dianggap akan menjadi salah satu undang undang yang paling gamblang dalam sejarah perundangan AS.

Oknum Polisi di Gorontalo Diduga Hamili Pacar, Lalu Paksa Aborsi

Dicukil laman BBC, Senat Alabama meloloskan setelah menyetujui rancangan undang undang itu dengan rasio 25 orang setuju dan 6 orang tak setuju. Senat menolak argumen bahwa pengguguran kandungan diperbolehkan dalam kasus pemerkosaan.

Sementara Gubernur Alabama Kay Ivey diketahui memang berasal dari Partai Republik. Dia belum meneken undang undang yang diloloskan tersebut namun disebut bahwa Ivey akan segera melakukannya mengingat Gubernur Alabama tersebut adalah penentang keras praktik menggugurkan kandungan.

Prancis Jadi Negara Pertama yang Sahkan Hak Aborsi

Sementara para aktivis berharap bahwa UU ini nantinya akan diuji dengan aturan Mahkamah Agung tahun 1973 yang melegalisasi aborsi di AS.

Undang-undang tersebut diloloskan pada awal bulan ini. Meski demikian, aborsi baru akan diperbolehkan apabila menyangkut keselamatan sang ibu bayi.
 

Seorang Pengacara Dihukum 180 Hari Penjara Karena Beri Istri Pil Aborsi
Pil aborsi misoprostol

MA Amerika Serikat Batasi Peredaran Pil Aborsi

Mahkamah Agung (MA) Amerika Serikat (AS) menyidangkan kasus sensitif mengendai ketersediaan dan memutuskan akses terhadap pil aborsi.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024