Trump Akan Bertemu Presiden Korsel Bahas Denuklirisasi Korea Utara

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In melangkah ke wilayah Korsel.
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump akan bertemu dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in di Seoul, Korsel. Pertemuan itu akan dilakukan sebagai bagian dari perjalanan Trump ke wilayah Asia pada akhir Juni, untuk KTT G-20 di Jepang.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

"Presiden Trump dan Presiden Moon, akan melanjutkan koordinasi erat mereka dalam upaya untuk mencapai denuklirisasi final Korea Utara yang sepenuhnya diverifikasi," kata pihak Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis 16 Juni 2019.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Kepresidenan Korea Selatan mengatakan, kedua pemimpin itu akan membahas pembentukan rezim perdamaian yang langgeng, melalui denuklirisasi lengkap di semenanjung Korea.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Denuklirisasi Semenanjung Korea adalah istilah yang digunakan dalam pernyataan bersama yang ditandatangani oleh Kim Jong-un dan Donald Trump, dalam pertemuan pertama mereka di Singapura tahun lalu.

Namun, ketegangan antara AS dan Korut makin meningkat sejak pertemuan kedua antara Trump dan Kim di Vietnam pada Februari 2019 lalu, gagal mencapai kesepakatan.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Korea Utara telah menguji dua rudal jarak pendek dan menembakkan serangkaian proyektil dalam beberapa pekan terakhir. Aksi ini adalah peluncuran rudal pertama oleh Pyongyang sejak uji coba rudal balistik antarbenua pada November 2017.

Presiden Moon pekan lalu mengatakan bahwa peluncuran rudal itu, kemungkinan merupakan protes Korut terhadap Amerika Serikat, setelah KTT Vietnam yang gagal mencapai kesepakatan. (asp)

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024